7 Fakta Virgo yang Wajib Diketahui Setiap Pecinta Astronomi

7 Fakta Virgo yang Wajib Diketahui Setiap Pecinta Astronomi

7 Fakta Virgo yang Wajib Diketahui Setiap Pecinta Astronomi! Rasi Bintang Terbesar Kedua di Langit Malam

7 Fakta Virgo yang Wajib Diketahui Setiap Pecinta Astronomi Konstelasi Virgo adalah konstelasi terbesar di Zodiak. Virgo merupakan konstelasi terbesar kedua di langit dan yang terbesar di antara konstelasi Zodiak.

Konstelasi Virgo terkenal terutama karena hubungannya dengan astrologi sebagai salah satu dari dua belas konstelasi zodiac. Namun, Virgo juga mengandung banyak objek langit dalam yang menarik.

Virgo berarti “perawan” dalam bahasa Latin. Virgo memiliki salah satu bintang paling terang yaitu Spica.

Konstelasi ini terlihat di belahan Bumi Utara selama musim semi dan musim panas, serta di belahan Bumi Selatan selama musim gugur dan musim dingin.

Baca juga : Chang’e 6 Cina Meluncur ke Sisi Jauh Bulan

Berikut ini fakta-fakta menarik tentang Virgo:

1. Ada banyak yang bisa di jelajahi dalam Virgokarena konstelasi besar ini mencakup lebih dari 1.200 derajat persegi di langit malam. Virgo mengandung banyak pemandangan yang luar biasa, termasuk 11 objek Messier. Jumlah ini adalah yang terbanyak dari semua konstelasi kecuali Sagittarius.

2. Virgo adalah rumah bagi kumpulan besar lebih dari 1.300 galaksi di sebelah Grup Lokal. Grup Lokal adalah tempat Bima Sakti kita berada. Beberapa dari target di konstelasi Virgo bisa terlihat dengan mata telanjang.

3. Objek Menarik di Virgo antara lain Messier 49, Messier 58, galaksi kupu kupu, Messier 87, galaksi Sombreno,

4. Messier 49 adalah galaksi elips, yang muncul sebagai gumpalan kabur, berbeda dengan lengan spiral yang terdefinisi dengan baik. Ini adalah galaksi paling terang di Virgo, di temukan pada tahun 1771 oleh Charles Messier. Galaksi besar dan tua ini mengandung hampir 6.000 gugus bola.

5. Messier 58 adalah galaksi spiral berpalang yang indah, juga di temukan oleh Charles Messier pada tahun 1700-an. Sebagai salah satu galaksi paling terang di Virgo, ini adalah target yang bagus untuk pengamat amatir. Dua supernova di amati di galaksi ini pada tahun 1980-an.

6. Galaksi Kupu-Kupu / NGC 4567 dan NGC 4568 adalah dua galaksi dalam satu target! Galaksi spiral ini perlahan bertabrakan satu sama lain, awalnya di temukan oleh William Herschel pada tahun 1784.

7. Messier 87 adalah galaksi yang sangat menarik. Meskipun terlihat sebagai gumpalan terang karena merupakan galaksi elips, Messier 87  adalah rumah bagi lubang hitam supermasif pertama yang pernah difoto.

Teleskop Event Horizon yang terkenal memotret lubang hitam raksasa M87 pada tahun 2017, yang kemudian dinamai Pōwehi, yang berarti “sumber gelap yang di hiasi dari penciptaan tanpa akhir” dalam bahasa Hawaii.
M87 adalah pemecah rekor. Messier 87 adalah salah satu galaksi paling masif di lingkungan kita, yang kedua terang di Virgo, dan salah satu yang paling terang dalam gelombang radio.

Kisah Mitologi Virgo

Dalam mitologi Yunani, Virgo sering di kaitkan dengan beberapa dewi, termasuk Demeter (dewi pertanian) dan Persephone (putri Demeter yang di kaitkan dengan siklus musim). Virgo juga sering di identifikasi sebagai Astraea, dewi keadilan yang memerintah bumi selama Zaman Emas. Ketika manusia menjadi korup, Astraea naik ke langit dan menjadi konstelasi Virgo.

By admin

Related Post