Dampak Perubahan Iklim ke Laut

Dampak Perubahan Iklim ke Laut Jauh Lebih Besar dari Perkiraan Sebelumnya

Dampak Perubahan Iklim ke Laut Ikan dan hewan invertebrata jauh lebih terpengaruh oleh air laut yang lebih hangat dan lebih asam. Di bandingkan yang di ketahui sebelumnya. Ini adalah kesimpulan dari penelitian yang di pimpin bersama oleh ahli biologi kelautan NIOZ Katharina Alter, berdasarkan metode analisis baru dan di terbitkan dalam jurnal ilmiah Nature Communications.

Penulis utama Katharina Alter dari Royal Dutch Institute for Sea Research (NIOZ) menjelaskan mengapa penting untuk merangkum dan menganalisis hasil penelitian yang di terbitkan mengenai dampak perubahan iklim.

“Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dampak perubahan iklim secara keseluruhan di seluruh dunia, para ahli biologi kelautan menghitung dampaknya terhadap semua ikan atau semua spesies invertebrata yang di gabungkan,” ujar Alter.

“Namun, dampak yang di tentukan dalam studi individu yang berbeda dapat saling menghilangkan: misalnya jika hewan invertebrata seperti siput mendapat keuntungan dari perubahan lingkungan tertentu dan invertebrata lainnya, seperti bulu babi, menderita karenanya, maka dampak keseluruhan terhadap invertebrata dapat di simpulkan sebagai berikut: nol, meskipun kedua kelompok hewan terkena dampaknya.”

Faktanya, siput makan lebih banyak karena perubahan iklim dan bulu babi makan lebih sedikit. Perubahan: “Kedua efek tersebut penting dan bahkan memiliki efek berjenjang: alga rumput, makanan bulu babi, tumbuh lebih banyak sementara pertumbuhan rumput laut, makanan gastropoda, menurun. Perbedaan cara makan kedua invertebrata ini menyebabkan pergeseran ekosistem dari ekosistem yang di dominasi rumput laut menjadi ekosistem yang di dominasi alga rumput, sehingga mengubah lingkungan hidup semua hewan lain yang hidup di ekosistem ini.”

Penting untuk memahami perubahan ekologi

Bersama rekan-rekan dari Wageningen University dan 12 lembaga penelitian lainnya dari Amerika, Perancis, Argentina, Italia dan Chile, Alter mengembangkan metode penelitian baru yang tidak lagi menghilangkan hasil-hasil yang tampaknya bertentangan. Namun mereka menggunakan keduanya untuk menentukan konsekuensi perubahan iklim terhadap kebugaran hewan.

Sebelum penggunaan metode ini, pemanasan laut dan air laut yang lebih asam di ketahui berdampak negatif terhadap ikan dan hewan invertebrata dalam tiga cara umum: peluang mereka untuk bertahan hidup berkurang, metabolisme mereka meningkat, dan kerangka invertebrata melemah.

Dengan menggunakan metode baru ini, kelompok peneliti kelautan internasional tersebut menemukan bahwa perubahan iklim berdampak negatif terhadap respons biologis penting lainnya pada ikan dan invertebrata: fisiologi, reproduksi, perilaku, dan perkembangan fisik.

Alter mengatakan, “Karena hal ini dapat mengakibatkan perubahan ekologi yang berdampak pada struktur ekosistem laut. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa perubahan iklim kemungkinan besar akan memiliki dampak yang lebih besar daripada yang di perkirakan sebelumnya.”

Baca juga: Spesies Baru Tupai Terbang Ditemukan di Himalaya

Hingga 100% proses biologis terpengaruh

Meningkatnya kadar karbon dioksida di udara telah menyebabkan air laut menjadi lebih hangat dan asam selama beberapa dekade. Sebuah tren yang di perkirakan akan terus berlanjut di masa depan. Namun, belum di ketahui kecepatannya berapa dan sejauh mana.

Alter dan rekan-rekannya menghitung konsekuensi dari tiga skenario proyeksi peningkatan karbon dioksida, dan juga pemanasan laut serta pengasaman laut. Ketiga skenario itu adalah peningkatan ekstrem, peningkatan moderat pada kecepatan saat ini. Dan – karena tindakan yang mungkin di lakukan – peningkatan yang dimitigasi.

Alter menyebut, “Pendekatan baru kami menunjukkan bahwa jika pemanasan dan pengasaman laut terus berlanjut seperti saat ini. Maka 100% proses biologis pada ikan dan spesies invertebrata akan terpengaruh. Sementara metode penelitian sebelumnya hanya menemukan perubahan pada sekitar 20 dan 25% dari semua proses, masing-masing.”

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah untuk memitigasi tingkat karbon dioksida di atmosfer akan membantu mengurangi perubahan dalam proses biologis. Dalam skenario rendah karbon dioksida, 50% respons pada invertebrata dan 30% pada ikan akan terpengaruh.

Deteksi dampak tersembunyi

Keuntungan besar dari metode baru ini, menurut Alter, adalah lebih banyak rincian yang di ketahui mengenai dampak perubahan iklim. “Metode perhitungan baru ini mempertimbangkan penyimpangan yang signifikan dari keadaan saat ini. Terlepas dari arahnya – apakah menguntungkan atau merugikan – dan menghitungnya sebagai dampak pemanasan dan pengasaman air laut,” ucap Alter.

Dia menegaskan, “Dengan pendekatan baru kami, Anda dapat memasukkan rentang respons terukur dan terluas. Mendeteksi dampak yang tersembunyi dalam pendekatan tradisional.”

By admin

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *