Berapa Jumlah Piramida Mesir Kuno?

By admin Mei27,2024 #Mesir #Piramida
Berapa Jumlah Piramida Mesir Kuno

Berapa Jumlah Piramida Mesir Kuno?

Piramida Mesir Kuno telah menjadi simbol keajaiban dan misteri bagi manusia selama berabad-abad. Di bangun oleh peradaban Mesir kuno yang maju secara teknologi, piramida-piramida ini menunjukkan keahlian arsitektur dan kepercayaan spiritual yang luar biasa. Namun, satu pertanyaan yang sering di tanyakan adalah, berapa jumlah piramida yang sebenarnya di bangun oleh orang Mesir kuno?

Sejarah Piramida Mesir Kuno

Piramida-piramida Mesir Kuno di kenal karena keindahan arsitektur mereka dan juga karena fungsinya sebagai makam bagi para firaun. Pembangunan piramida-piramida ini di mulai sekitar 2630 SM pada Zaman Dinasti Ketiga dengan Piramida Djoser, yang di bangun oleh imam agung dan arsitek terkenal, Imhotep. Ini merupakan langkah revolusioner dalam arsitektur, karena sebelumnya makam para firaun hanya berupa mastaba, struktur berbentuk kubus yang lebih sederhana.

Baca juga: Sungai yang Hilang Piramida Mesir Dibangun

Jumlah Piramida yang Di ketahui

Jumlah piramida yang masih ada hingga saat ini di Mesir adalah sekitar 118 piramida. Namun, tidak semuanya dalam kondisi yang baik. Sebagian besar piramida masih dapat di kenali, meskipun banyak yang hanya tinggal puing-puing batu besar. Piramida terbesar dan yang paling terkenal adalah Piramida Giza, yang juga termasuk dalam Daftar Tujuh Keajaiban Dunia.

Piramida-Piramida Terkenal

  1. Piramida Giza: Piramida ini adalah salah satu keajaiban dunia kuno yang masih bertahan hingga saat ini. Di bangun sebagai makam untuk Firaun Khufu, Piramida Giza adalah struktur terbesar di antara semua piramida yang pernah di bangun.
  2. Piramida Djoser: Juga di kenal sebagai Piramida Zoser, ini adalah piramida pertama yang di bangun di Mesir. Di rancang oleh Imhotep, struktur ini menandai awal dari tradisi membangun piramida di Mesir.
  3. Piramida Snefru: Firaun Snefru di kenal sebagai pembangun beberapa piramida yang signifikan, termasuk Piramida Merah dan Piramida Datar. Piramida Merah, meskipun tidak sepopuler Piramida Giza, memiliki bentuk yang unik dan menarik.
  4. Piramida Senusret: Salah satu piramida yang paling terpelihara dengan baik adalah Piramida Senusret III di Dahshur. Meskipun lebih kecil dari beberapa piramida lainnya, ini adalah contoh bagus dari piramida yang masih dalam kondisi yang baik.
  5. Piramida Meidum: Awalnya di bangun sebagai piramida bertingkat, Piramida Meidum kemudian mengalami beberapa perubahan struktural. Meskipun tidak sepopuler piramida lainnya, itu masih merupakan situs yang menarik bagi para arkeolog dan pengunjung.

Piramida yang Hilang

Selain piramida yang masih bertahan hingga hari ini, sejumlah piramida juga telah hilang karena perusakan alam atau aktivitas manusia. Ini termasuk piramida yang di bangun dengan bahan-bahan yang lebih lemah dan tidak tahan lama.

Meskipun piramida-piramida Mesir Kuno telah memikat pikiran manusia selama ribuan tahun, jumlah pasti piramida yang di bangun oleh orang Mesir kuno masih menjadi subjek perdebatan. Namun, dengan 118 piramida yang masih dapat di identifikasi, kita dapat menghargai kebesaran dan keindahan warisan budaya yang di tinggalkan oleh peradaban Mesir kuno. Dengan setiap penemuan baru, misteri dan keajaiban piramida-piramida ini terus menarik minat dunia.

Menurut Ann Macy Roth, profesor sejarah seni dan studi Ibrani dan Yudaisme di Universitas New York, pertanyaan tersebut sulit untuk di jawab. Pasalnya, Roth mencatat bahwa para ahli belum tentu sepakat mengenai definisi piramida Mesir itu sendiri.

Misalnya, pada dinasti ke-25 (sekitar tahun 712 hingga 664 SM), Mesir di perintah oleh firaun dari Nubia (sekarang Sudan dan sebagian Mesir selatan). Para pemimpin Nubia ini membangun piramida di Sudan, tetapi juga merupakan penguasa Mesir, jadi masih menjadi perdebatan apakah piramida yang mereka bangun di Sudan termasuk piramida Mesir.

Masalah lainnya adalah apakah piramida yang lebih kecil, m di sebut “piramida ratu”, yang terletak di samping piramida yang lebih besar harus di hitung dalam jumlah total. Misalnya, setidaknya ada delapan piramida kecil di samping piramida Khufu, Khafre, dan Menkaure di Giza. Ada juga yang menyebut piramida-piramida kecil ini sebagai “piramida sekunder”.

By admin

Related Post