Asal Usul Berdirinya Kota Troya

Asal Usul Berdirinya Kota Troya

Legenda Teucer, Asal Usul Berdirinya Kota Troya dalam Mitologi Yunani

Asal Usul Berdirinya Kota Troya adalah salah satu peristiwa paling terkenal dalam mitologi Yunani. Itu adalah perang besar selama sepuluh tahun antara Yunani dan Troya.

Namun yang tidak di ketahui banyak orang adalah bahwa Troy sendiri sebenarnya adalah orang Yunani. Berdirinya Kota Troya adalah bagian dari legenda Teucer dalam mitologi Yunani.

Kisah asal usul Troy di mulai dari seorang pria bernama Teucer. Dia hidup sekitar dua abad sebelum Perang Troya.

Dalam Aeneid, penulis Romawi Virgil menjelaskan bahwa Teucer berasal dari Kreta.

Pada titik ini, sekitar dua abad sebelum Perang Troya, Kreta adalah sebuah pulau Yunani, tempat peradaban Minoa berkembang pesat.

Aeneid adalah wiracarita dalam bahasa Latin yang di karang oleh Vergilius dari tahun 29 hingga tahun 19 SM.

Secara keseluruhan, Aeneid mengisahkan legenda Aeneias, pahlawan Troya yang hijrah ke Italia dan menjadi leluhur orang Romawi Kuno.

Sejarawan Yunani Dionysius dari Halicarnassus menyajikan versi yang sedikit berbeda, di mana Teucer berasal dari Attica di Yunani.

Bagaimana pun juga, Teucer pastilah orang Yunani, baik dari Yunani sendiri maupun dari Kreta.

Menurut Virgil, Teucer dan banyak rekannya meninggalkan Kreta pada masa kelaparan dan menetap di barat laut Anatolia, dekat Sungai Scamander.

Wilayah itu kemudian di kenal sebagai Troad untuk menghormati Troy. Dia kemudian mendirikan dinasti di sana.

Setelah Teucer mendirikan kerajaannya, tokoh pendiri lainnya datang, yaitu seorang pria bernama Dardanus.

Sejarawan Dionysius menjelaskan bahwa dia berasal dari Arcadia di Yunani. Setelah sampai di daerah tersebut, Dardanus menikah dengan putri Teucer.

Sebuah catatan dari abad keempat SM mendukung hal ini, yang menyatakan bahwa Dardanus menikah dengan ‘keluarga kerajaan Kreta’.

Dan karena Teucer tidak memiliki seorang putra, Dardanus mewarisi kerajaannya dan menjadi penguasa baru di Troad.

Perang Troya dalam mitologi Yunani berlangsung selama 10 tahun.
Perang Troya dalam mitologi Yunani berlangsung selama 10 tahun.

Baca juga: James Clavell Pernah Di tahan di Singapura

Asal Usul Kota Troya dalam Mitologi Yunani

Cucu Dardanus bernama Tros. Dia mewarisi kerajaan dan menamakannya ‘Troy’ berdasarkan namanya.

Penduduk Troad merupakan keturunan Teucer dan juga dari Kreta, serta keturunan Dardanus. Mereka kemudian di kenal sebagai Troya.

Namun, sebenarnya Kota Troy saat itu belum di bangun. Nampaknya kota utama rakyatnya masihlah kota yang di bangun Dardanus di kaki Gunung Ida.

Tros memiliki seorang putra bernama Ilus. Ketika dia masih muda, dia pergi ke kerajaan terdekat Frigia dan memenangkan kompetisi gulat.

Sebagai bagian dari hadiahnya, raja Frigia memberinya seekor sapi dan memintanya untuk mendirikan sebuah kota di mana pun sapi itu memutuskan untuk berbaring.

Mengikuti instruksi ini, Ilus mendirikan sebuah kota yang dia sebut Ilios untuk menghormati dirinya sendiri.

Karena Ilios adalah kota utama baru di Troya, nama ‘Troy’ di terapkan padanya. Inilah sebabnya mengapa kota ini di kenal sebagai ‘Ilios’ dan ‘Troy’.

Kisah Homer tentang Perang Troya dalam Iliad mendukung asal usul Troy dalam mitologi Yunani.

Ia memaparkan bahwa bangsa Troya berbicara dalam bahasa yang sama dengan bangsa Yunani, mempunyai budaya yang sama dengan bangsa Yunani, dan menyembah dewa-dewa yang sama dengan bangsa Yunani.

Sejarawan Dionysius bahkan mengatakan bahwa ‘Troya adalah bangsa yang benar-benar Yunani’.

Arkeologi Troy Zaman Perunggu

Kota Troy pada Zaman Perunggu di sebut ‘Wilusa’ dalam catatan orang Het. Ini jelas merupakan bentuk dari nama ‘Ilios’ (Yunani: Ἴλιος).

Troy juga di sebut “Ilion”. Nama Ilion di gunakan oleh Homer, penulis Iliad dan Odyssey, secara bergantian dengan Troy.

Faktanya itulah alasan syair epik itu di beri nama “Iliad”. Selain itu, para sejarawan tidak mengetahui banyak tentang Zaman Perunggu Troy.

Kota ini jelas merupakan kota yang kuat, namun hampir tidak ada catatan tertulis yang bertahan mengenai kota tersebut.

Satu-satunya catatan tertulis yang ditemukan ditulis dalam bahasa Luwian.

Namun, menarik untuk di catat bahwa salah satu catatan orang Het menyebutkan raja Wilusa adalah seorang pria bernama Alaksandu.

Kebanyakan sejarawan sepakat bahwa ‘Alaksandu’ adalah ejaan Het dari nama Yunani ‘Alexandros’. Hal ini memberikan dukungan pada gagasan bahwa kelas penguasa Troy berasal dari Yunani.

Salah satu karakter utama dalam Iliad di sebut Alexandros (dan kadang-kadang Paris). Ia merupakan keturunan keluarga kerajaan kota Troya, lebih spesifik lagi putra raja Troy, Priam.

Alexandros yang juga di kenal sebagai Paris adalah orang yang mengambil Helen dan memicu perang Troya

Beberapa ahli berpendapat bahwa catatan Alaksandu dari Het mungkin memiliki nama Yunani. Itu karena ia adalah putra seorang selir Yunani, seorang budak wanita yang ditangkap oleh raja Wilusa.

Selain itu, kemungkinan besar kisah-kisah legendaris tentang Troy yang didirikan oleh pemukim Yunani berasal dari ingatan yang menyimpang dalam sejarah Troy.

Setelah kehancuran di tahun 950 SM, Troy mengalami periode yang hampir ditinggalkan sepenuhnya. Sekitar setengah abad kemudian, sekitar tahun 900 SM, orang Yunani mulai menetap di wilayah Troy.

By admin

Related Post